PT. Toyota Astra Motor (TAM) merupakan salah satu manufaktur terlawas dan terbesar di Indonesia. Sebagai agen resmi dari Toyota Jepang, puluhan atau bahkan ratusan ribu mobil dijual oleh perusahaan ini setiap tahunnya. Baik mobil yang bertipe SUV, MPV, atau sedan tak ketinggalan pula tipe truck sudah banyak dirasakan oleh para penggemar otomotif tanah Indonesia ini.
Adapun istilah Variable Nozzle Turbocharger (VN Turbo) muncul belakangan berkaitan dengan upaya Toyota untuk meningkatkan tenaga Fortuner 2011 yang dirasa masih kurang kuat. Konsep awalnya adalah melalui pertanyaan singkat, "Bagaimana cara meningkatkan tenaga dengan tidak mengubah volume cc mesin terutama dalam pembakaran ?". Kemudian lahirlah ide untuk mengatur tekanan pada pipa gas buang yang berpengaruh terhadap kinerja turbin. Secara umum jika dilihat dengan menggunakan pendekatan Fisika, tekanan yang tinggi akan lebih besar jika penampang pembagi gaya semakin kecil, dan inilah ide awal terbentuknya sudu-sudu pada mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini.
Sudu-sudu merupakan komponen penting yang kemudian dengan pergerakan sudu inilah, luas penampang akan menyempit atau melonggar. Permasalahan lain muncul, lalu bagaimana cara mengontrol sudu-sudu tersebut agar dapat mempersempit atau melonggarkan penampang pipa aliran gas buang. Jawabnya adalah dengan menggunakan motor listrik. Inilah yang kemudian diterapkan pada mesin Fortuner SUV Terbaik, tentu saja teknologi penyedotan oksigen dari udara bebas menjadi lebih bagus bersamaan dengan pergerakan kompresor yang semakin cepat baik pada putaran rendah maupun cepat.
Inilah teknologi baru yang membuat Fortuner menjadi yang terbaik di kelasnya.
No comments:
Post a Comment